Brand
PICO Genesis
by. Raesindy Dzufriana
Last updated 06-January-2023
Cost Rp3.500.000 - Rp9.000.000
Recov. Time No downtime
Type Non-Surgical
Description
Concern
ASK DOCTOR
Review
Before After
Video
Clinic
Doctor
PICO Genesis

Apa itu perawatan PICO Genesis?

 

PICO Genesis merupakan teknologi laser terbaru menggunakan gelombang picosecond (satu triliun per detik) yang dilakukan secara non-bedah, non-invasif, dan non-ablatif. Alat ini diproduksi oleh Cutera yang berasal Amerika Serikat. Laser ini merupakan satu-satunya pengguna real time calibration dengan memastikan bahwa setiap energi yang dikeluarkan per area perawatan selalu stabil dan seragam. 

 

Perawatan ini  juga memiliki teknologi Micro Lens Array (MLA)  sehingga mampu memperbaiki kulit, meremajakan dan memperbaiki pigmentasi kulit tanpa merusak jaringan dan lapisan kulit terluar. Alat ini memiliki panjang gelombang 532 nm dan 1064 nm yang bekerja secara fotoakustik dengan membantu memecah partikel pigmen melanin sehingga menjadi lebih kecil yang nantinya akan dikeluarkan melalui jaringan limfatik. 

 

Perawatan ini tidak disarankan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan kanker, memiliki luka terbuka di area perawatan, infeksi kulit seperti herpes, pemilik penyakit kejang ketika diinduksi dengan kilatan cahaya, wanita yang sedang hamil dan menyusui.

Apa saja manfaat perawatan PICO Genesis?

Perawatan ini dilakukan sebagai peningkatan percaya diri bagi seseorang yang ingin memiliki kulit lebih bersih dan cerah pada bagian wajah, leher maupun tubuh. Perawatan ini memiliki banyak manfaat yang beragam untuk memperbaiki kulit, seperti:

 

  • Mengurangi bekas jerawat 
  • Mengurangi garis halus dan kerutan pada kulit
  • Memperbaiki tekstur kulit yang tidak rata
  • Menghilangkan bintik-bintik hitam akibat sinar matahari
  • Membuat pori-pori wajah lebih mengecil
  • Memiliki masalah pada pigmen kulit seperti dark spot, age spot, freckles, dan melasma
  • Menghapus tato

Berapa lama waktu pengerjaan PICO Genesis?

Perawatan PICO Genesis biasanya berdurasi 15 - 30 menit, tergantung pada ukuran dan area perawatan yang kamu pilih.

Apakah perawatan PICO Genesis aman digunakan?

Iya, perawatan ini aman dan dapat dilakukan oleh semua gender dan jenis kulit. PICO Genesis merupakan prosedur baru yang telah mendapatkan izin FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat dengan hasil yang luar biasa.

 

Baca Juga: Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Freckles, Lentigo dan Melasma

Bagaimana prosedur selama perawatan PICO Genesis?

Sebelum melakukan perawatan, Dokter akan menyarankan kamu untuk tidak melakukan tanning empat minggu sebelum perawatan, hindari mengkonsumsi obat pengencer darah, dan jangan melakukan perawatan yang dapat membuat kulit iritasi seperti waxing, depilatories dll.

 

Setelah itu Dokter akan memberikan krim anastesi jika kamu memerlukannya. Area perawatan sebelumnya akan dibersihkan dan kamu akan diberikan kacamata pelindung. Selama proses pengerjaan perawatan, kamu mungkin merasakan panas akibat pemanasan dermis di bawah kulit oleh cahaya hijau, panas dari laser juga dapat menyempitkan pembuluh darah yang membantu melawan kemerahan. Setelah itu cahaya inframerah yang tidak terlihat dapat meningkatkan fibroblas untuk meningkatkan produksi kolagen dengan hasil kulit yang segar dan merata.

 

Di akhir perawatan, biasanya Dokter akan melakukan pengompresan pada area perawatan dengan air dingin atau es pada bertujuan agar meredakan nyeri dan perih yang masih dirasakan setelah perawatan.

Apa yang terjadi setelah perawatan PICO Genesis?

 Setelah perawatan PICO Genesis, Dokter akan memberikan kamu krim untuk mempercepat proses penyembuhan karena kulit kamu akan menjadi kemerahan, peradangan ringan selama beberapa jam dan kemudian akan muncul koreng. Selama proses penyembuhan juga mungkin kulit kamu akan terasa sedikit gatal.

 

Hasil perawatan PICO Genesis dapat kamu lihat secara bertahap selama tiga hingga empat minggu, sebenarnya tidak ada waktu henti untuk memproduksi kolagen tergantung masing-masing individu. Perawatan ini akan lebih maksimal jika kamu melakukan tinga hingga empat sesi dengan interval dua minggu. Perawatan ini juga bersifat permanen untuk menghilangkan tato dan pigmentasi kulit lainnya tetapi untuk masalah peremajaan kulit kamu perlu melakukan perawatan kembali setelah 12 bulan.

 

Setiap perawatan, memungkinkan memiliki efek samping dan risiko, PICO Genesis sendiri memiliki efek samping yang cukup ringan seperti:

 

  • Melepuh ringan
  • Munculnya jaringan parut dan keloid
  • Gatal selama masa penyembuhan
  • Area perawatan akan mengalami pengelupasan kurang lebih seminggu
  • Biasanya kulit memerah dan bengkak selama 30-60 menit setelah perawatan
  • Berkurangnya pertumbuhan rambut di area yang dirawat

 

Perubahan-kulit-keriput-dengan-laser.jpg

 

https://freshlaser.ca/treatments/spectra-carbon-peel-calgary/

Do’s & dont’s setelah perawatan PICO Genesis?

Hal yang boleh dilakukan setelah perawatan:

 

  • Kamu diperbolehkan pulang dan melakukan kembali aktivitas
  • Gunakan gel pendingin untuk mempercepat pengelupasan pada pagi dan malam.

 

Hal yang tidak disarankan setelah perawatan:

 

  • Hindari terpapar sinar matahari secara langsung, jangan lupa gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30
  • Hindari sementara penggunaan make up
  • Hindari menggosok, menggaruk dan mengelupas kulit di area perawatan
  • Hindari berendam di air hangat selama dua minggu, karena kulit kamu masih sensitif
  • Hindari produk perawatan kulit yang mengandung tretinoin, retinol, benzoyl peroxide, salicylic acids, astringents, exfoliants beberapa hari setelah perawatan

Apa saja kelebihan dan kekurangan perawatan PICO Genesis?

Kelebihan:

  • Rasa sakit dapat di minimalisir karena proses perawatan secara non invasif
  • Tidak ada masa penyembuhan, karena kulit hanya mengalami kemerahan dan pengelupasan ringan sehingga dapat langsung menjalankan rutinitas normal
  • Teknologi ini memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan satu perawatan
  • Gelombang laser yang pendek dapat membuat kulit lebih bercahaya

 

Kekurangan:

  • Jika kamu memiliki kulit yang lebih gelap,  umumnya akan mengalami hiperpigmentasi
  • Hasil akan terlihat sempurna setelah beberapa kali perawatan

 

Before-after.jpg

Apa saja merek lain selain PICO Genesis yang terdapat di Indonesia?

  • PicoWay, teknologi yang dikembangkan oleh Syneron Candela ahli kesehatan asal  Amerika Serikat dengan perawatan kulit yang memanfaatkan teknologi laser pico yang memiliki 4 panjang gelombng yaitu 1064nm, 785nm, 730nm dan 532nm dan memiliki kecepatan di 250 ps – 450 ps, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan pigmentasi.

 

  • PicoSure, alat ini merupakan teknologi asal Amerika Serikat diproduksi oleh Cynosure, dengan fungsi menghilangkan tato, merawat masalah pigmentasi kulit hingga mengurangi keriputMemiliki kecepatan picosecond dengan panjang gelombang laser 1064nm, 755 nm dan 532nm.

  

  • Pico Care, Perawatan asal Korea yang dikembangkan oleh Wontech. Menggunakan tipe sistem Nd:YAG. Berfungsi sebagai memiliki gelombang picosecond dengan panjang gelombang utama 1064 nm, perawatan ini perawatan bekas jerawat, perawatan freckles, melasma dan menghilangkan tato.

 

  • Discovery Pico, laser yang di produksi oleh I-tech Lafacos memiliki double wavelength dengan panjang gelombang 1064 nm hingga 534 nm. Teknologi ini merupakan generasi picosecond kedua yang efektif untuk menghilangkan tato, peremajaan kulit, menangani masalah pigmentasi hingga bekas luka jerawat.

 

  • PicoPlus, menggunakan laser jenis QS Nd:YAG dengan hitungan picosecond untuk merawat pigmentasi kulit, peremajaan kulit, hingga menghilangkan tato. Perawatan ini memiliki panjang kelombang 1064 nm dan merupakan teknologi asal Korea yang di  produksi oleh Lutronic.

 

Baca Juga: Bisakah Vitiligo Sembuh Total?

 

  • PicoLo, merupakan alat produksi Laseroptek asal Korea. Perawatan menggunakan Nd:YAG laser kombinasi efek photomechanical dan LIOB (Laser-induced Optical Breakdown) yang efisien ini memberikan secara picosecond dengan panjang gelombang ganda pada 1064 nm. Berfungsi sebagai penghapusan tato, peremajaan kulit dan menyamarkan bekas luka.

Source

New Hope. https://www.newhopelaserskincare.com/services/pico-genesis-to-treat-melasma-and-pigments

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Realself.

https://www.realself.com/nonsurgical/pico-genesis

Diakses pada 24 Mei 2021

 

PICO Genesis.

http://picogenesis.com/what-is-picogenesis

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Clinica Lase.

https://www.clinicalase.com.au/pico-genesis/ 

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Miami Skin Spa.

https://www.miamiskinspa.com/pico-genesis-laser-miami/#tve-jump-174dc9fa5ab

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Spring House Derm. https://springhousederm.com/cosmetic/picogenesis/

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Mira Clinic.

https://miraclinic.com.au/pico-genesis/

Diakses pada 24 Mei 2021

 

Medical Aesthetic.
http://www.duluthaesthetics.com/laser-treatments/laser-genesis-picogenesis/

Diakses pada 24 Mei 2021



Recently Answered

Newest Question

Most Popular

Sort by



Other Articles