Procedure
Facial
by. Febiola Tambunan
Medical review by dr. Hari Darmawan, Sp.KK
Last updated 15-November-2021
Cost Rp100.000-Rp300.000
Recov. Time No downtime
Type Non-Surgical
Description
Concern
ASK DOCTOR
Review
Photo
Video
Clinic
Doctor
Facial

Apa Itu Facial & Apa Manfaatnya?

Facial adalah salah satu jenis perawatan kulit yang bisa kamu temukan di klinik estetik. Jenis perawatan wajah ini efektif untuk meremajakan dan mencerahkan kulit wajah. Sebelum kita membahas perawatan facial, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu facial. Facial adalah perawatan kulit menyeluruh mulai dari pembersihan, ekstraksi komedo hingga pemberian cairan atau serum ke kulit yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit.

 

Baca juga: Apa Penyebab Jerawat & Bagaimana Mengatasinya?

 

Perawatan ini dapat dilakukan oleh berbagai kalangan umur baik pada pria maupun wanita. Rata-rata klinik estetik menawarkan bermacam macam perawatan kulit wajah yang bisa memberikan hasil memuaskan ketika dikombinasikan dengan program perawatan kulit yang sedang dilakukan.

Apa saja jenis-jenis facial?

 Jenis Facial yang Dilakukan Klinik Estetika

 

1. Facial biasa

Facial biasa dapat digunakan ke semua jenis kulit, kecuali kulit berjerawat. Facial ini mengangkat sel kulit mati dan juga memijat untuk melancarkan peredaran darah. Untuk facial jerawat punya prosedur sendiri, biasanya facial jerawat tidak melakukan pemijatan dan lebih fokus ke membersihkan pori-pori dari komedo.

 

2. Facial mikrodermabrasi

Facial mikrodermabrasi menjadi pilihan tepat untuk kulit yang mempunyai tekstur kasar. Facial ini ampuh untuk mengatasi kulit wajah yang bermasalah, bahkan mengembalikan tekstur kulit yang bopeng menjadi halus kembali.

 

3. Facial oksigen

Sesuai namanya, facial oksigen akan melakukan penyemprotan саіrаn оkѕіgеn уаng dараt mеngаngkаt kotoran ѕеrtа mеmbеrіkаn oksigen pada роrі-роrі sehingga kulit tampak lebih halus, lembut, dan segar. 

 

4. Whitening facial

Facial ini menggunakan beberapa macam bahan yang bersifat mencerahkan serta menghancurkan efek radikal bebas yang menjadi penyebab utama kulit wajah kusam. 

 

5. Vampire facial 

Jenis facial ini termasuk unik, karena memanfaatkan darah sendiri yang dicampur dengan beberapa bahan lain yang dipercaya dapat menciptakan kulit wajah yang sehat, bersih, dan juga lembap.

 

6. Facial emas/gold facial

Teknik facial dengan menggunakan emas mempunyai manfaat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai masalah penuaan pada kulit dan membuat kulit wajah yang segar, kenyal, serta kencang kembali.

Bagaimana prosedur selama melakukan perawatan facial?

Bagaimana Prosedur Melakukan Facial?

 

Prosedur facial bertujuan untuk membersihkan wajah dari komedo, debu, kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Perawatan facial juga dilakukan secara bertahap :

  • Pembersihan wajah

Sebelum dilakukan facial, tentu wajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Tahapan ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari minyak, debu, dan kotoran. Kamu bisa menggunakan sabun pembersih wajah untuk tahapan ini atau menggunakan milk cleanser dan micellar water. 

 

  • Scrubbing

Scrubbing berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit bisa melakukan regenerasi dengan optimal. Scrubbing bisa dilakukan dengan bahan bahan yang mengandung scrub atau butiran halus dengan gosokan memutar. Setelah itu, bilas sampai bersih menggunakan air.

 

  • Penguapan

Tahapan ini bertujuan untuk membuka pori pori kulit, sehingga komedo lebih mudah terangkat ketika facial.

 

  • Ekstraksi

Proses ekstraksi berarti mengeluarkan komedo dari kulit dengan menggunakan alat ekstraktor komedo 

 

  • Pengaplikasian pelembab

Pada tahan terakhir, diaplikasikan pelembab dan sunblock untuk perlindungan. Setelah facial, sebaiknya kamu menghindari paparan sinar matahari dulu untuk mencegah inflamasi atau peradangan 

Apa saja efek samping dari perawatan facial?

Facial wajah juga memiliki potensi efek samping. Meski begitu, efek sampingnya cenderung ringan. Beberapa efek samping уаng paling ѕеrіng terjadi ѕеtеlаh facial wаjаh dі аntаrаnуа ruаm kеmеrаhаn, gatal pada kulit, kulit kering, iritasi dan reaksi alergi. Efek samping ini muncul karena kulit kamu mungkin tidak cocok dengan bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan. Sebenarnya, asalkan menggunakan prosedur dan bahan bahan yang tepat, efek samping yang tersebut  bisa  diminimalisir.

 

Baca juga: Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Skincare Niacinamide

Seberapa sering perawatan facial boleh dilakukan?

Facial wajah sebaiknya dilakukan setiap 4 minggu sekali dikarenakan mengikuti durasi regenerasi sel kulit biasanya memerlukan waktu kurang lebih 28 hari. Melakukan perawatan wajah terlalu rutin justru membuat hasilnya menjadi tidak optimal karena beresiko menimbulkan iritasi

Apakah perawatan facial dapat menyebabkan ketergantungan?

Facial bukanlah perawatan yang harus dilakukan secara terus menerus untuk menghilangkan komedo. Asalkan kamu bisa mengurangi produksi minyak berlebih di wajah, maka komedo tidak akan datang kembali. Jadi, facial tidak wajib dilakukan terus menerus, namun memang disarankan 1 bulan sekali untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang kasar dan kusam.

 

Dengan melakukan perawatan harian kulit wajah seperti rajin mencuci muka, tidak memegang wajah dengan tangan yang kotor, serta menghindari penggunaan kosmetik yang 'berat' sudah dapat membantu agar kulit tetap dalam keadaan bersih dan sehat.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari perawatan facial?

Facial wajah mampu membuat kulit tampak menjadi lebih cerah bersih serta terlihat sehat jika dilakukan secara rutin. Selain itu, facial wajah juga mampu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori, sehingga jerawat dan komedo pun dapat berkurang. 

 

Namun, facial bukan tidak memiliki kekurangan. Jika tidak dilakukan secara steril, maka akan terjadi masalah seperti kulit kering dan iritasi, kulit memerah dan bengkak, maupun infeksi kulit. oleh karena itu, facial wajah sebaiknya diawasi dan dilakukan klinik estetik dan diawasi oleh dokter. Hal ini dimaksudkan agar prosedur dilakukan dengan benar dan dokter bisa mengatasi secara langsung jika ada efek samping selama dan sesudah tindakan.

 

Jika kamu masih punya pertanyaan seputar Facial, silakan tanya dokter disini ya!