Sering Bikin Keliru! Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock
03 June 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

Sering Bikin Keliru! Ini Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

 

Penggunaan pelindung kulit berupa SPF sudah menjadi rutinitas bagi kita semua, terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Selain menyebabkan warna kulit yang tidak rata, efek samping dari paparan sinar matahari yang berlebihan bisa mempercepat penuaan dini pada kulit kamu, seperti kulit yang keriput, flek hitam, lentigo, bahkan meningkatkan resiko terkena kanker kulit. 

 

Tentu saja perawatannya akan lebih sulit apabila kamu sudah terkena efek samping dari paparan sinar UV. Sehingga mencegah kulit kamu sebelum terjadi apa-apa akan lebih baik daripada mengobatinya.

 

Baca Juga: Pakai Foundation Ber-SPF, Haruskah Pakai Sunscreen Lagi?

 

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan produk sunscreen dan sunblock. Keduanya memiliki manfaat untuk mencegah kulit kamu rusak dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Namun, apa sih perbedaan antara sunscreen dengan sunblock? Dan bagaimana cara mengetahui mana yang cocok untuk kulit kamu?

 

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

 

Verywell-AlexandraGordon-Sunscreen-vs-Sunblock.jpg

(Sumber: Verywell Health)

 

 

Secara mudah, kamu bisa membedakan keduanya dari nama mereka. Sunscreen berfungsi untuk memfilter (screens) sinar ultraviolet dari matahari. Sunscreen biasanya disebut juga sebagai chemical suncreen. Sedangkan sunblock, berperan untuk memblok sinar ultraviolet dan merefleksikannya kembali sehingga mencegahnya masuk ke dalam lapisan kulit kamu. Sunblock juga disebut sebagai physical sunscreen.

 

Agar kamu bisa lebih memahami perbedaannya, berikut penjelasan tentang perbedaan sunscreen dengan sunblock;

 

 

  • Bahan Kandungan

 

Keduanya memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari dampak sinar UV matahari, tetapi dengan cara yang berbeda. Sunscreen  lebih menggunakan bahan-bahan aktif seperti oxybenzone atau avobenzone dan para-aminobenzoid acid (PABA). Sedangkan sunblock mengandung bahan zinc oxide atau titanium dioxide yang membuat tekstur sunblock lebih tebal. 

 

Beberapa orang yang alergi terhadap PABA biasanya lebih disarankan untuk menggunakan sunblock.

 

 

  • Fungsi

 

Biasanya, sunscreen digunakan untuk aktivitas luar ruang yang tidak begitu lama. Oleh karena itu formula sunscreen cenderung lebih ringan dan mudah di-blend pada kulit. Nah, sunblock bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mau beraktivitas outdoor dalam waktu yang cukup lama seperti olahraga, berjemur di pantai, atau pergi ke konser di siang hari. 

 

Baca Juga: 3 Fakta Tentang Kanker Kulit Yang Perlu Kamu Ketahui

 

 

  • Cara Kerja

 

Dalam melindungi kulit, sunscreen membuat lapisan pada permukaan kulit untuk melindunginya dari sinar UV, meskipun tidak seluruhnya. Sedangkan sunblock bekerja dengan cara menghalangi sinar UV, baik UVA dan UVB, melalui kandungan titanium dioksida atau zinc dioksida yang ada pada sunblock

 

 

  • Cara Penggunaan

 

Pengaplikasian sunscreen lebih baik jika kamu pakai 15 hingga 20 menit sebelum beraktivitas ke luar ruangan. Ini dikarenakan kandungan pada sunscreen memerlukan waktu lebih agar bisa meresap ke lapisan kulit kamu. Berbeda dengan sunscreen, setelah mengaplikasikan sunblock dan meratakannya pada kulit, kamu dapat langsung beraktivitas outdoor tanpa harus menunggu. 

 

Meskipun begitu, penggunaan sunblock kadang masih akan terlihat pada kulit, atau biasa disebut sebagai white cast. Jika kamu ingin menggunakan sun protection untuk wajah, kamu mungkin akan mencari alternatif dari sunblock yang bisa menyebabkan white cast

 


sunblock.jpg

 

Baca Juga: Berapa Kali Sih Harus Pakai Sunscreen Dalam Sehari?

 

Setelah mengetahui perbedaan antara sunscreen dan sunblock, kamu pasti jadi lebih mudah untuk memilah produk apa yang cocok sesuai dengan aktivitas kamu sehari-hari. Memilih Sunscreen maupun sunblock, yang penting kamu perhatikan saat mencari produk sun protection yang cocok untuk kamu adalah pastikan produk tersebut memiliki SPF di atas 30 dan water-resistant. 

 

Apabila kamu memiliki kulit sensitif dan sedang dalam kondisi berjerawat, kamu mungkin ingin menghindari kandungan sunscreen atau sunblock yang memiliki parfum di dalamnya. Atau kamu bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di klinik terdekat kamu jika memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai produk mana yang cocok untuk kulit kamu.

Tags :
Other Articles