7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Berat Badan Naik
30 June 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

7 Kebiasaan yang Bisa Bikin Berat Badan Naik

 

Sobathey, apakah kamu merasa sudah menjaga pola makan dan melakukan diet namun masih menemukan fakta bahwa berat badan kamu malah bertambah? Jangan khawatir, kamu mungkin hanya belum menemukan cara untuk menjadikan pola hidup sehat sebagai kebiasaan. Nyatanya, menurunkan berat badan dan mempertahankannya akan jauh lebih mudah apabila kamu menjadikan pola hidup sehat sebagai kebiasaan kamu, alih-alih sebagai ‘program diet’. 

 

Kamu juga mungkin masih terbelenggu dengan kebiasaan di bawah ini yang bikin berat badan kamu mudah naik. Apa saja kebiasaan itu? Simak 7 kebiasaan yang bisa bikin berat badan naik di sini

 

Baca Juga: Dapatkan Bentuk Tubuh Ideal dengan Treatment Clatuu

 

1. Kurang Minum Air Putih

 

Selain membuat kulit kamu terlihat sehat, meminum air putih juga bisa membantu mengatasi kenaikan berat badanmu. Sering kali orang-orang mengira bahwa pusing dan lemot  menjadi tanda bahwa badan kamu butuh makanan untuk menambah energi. Padahal, pusing merupakan salah satu tanda dari dehidrasi. 

 

5-kebiasaan-yang-bikin-berat-badan-naik_minum.jpg

 

Kamu bisa meminum satu gelas air sebelum makan, setiap harinya, agar bisa memenuhi kebutuhan air sehari. Pada umumnya, manusia membutuhkan 2 liter air perhari. Selain air mineral, kamu bisa memenuhi kebutuhan air tersebut dengan tambahan dari makanan seperti buah dan sayur.

 

2. Kurang Tidur

Jika kamu sering begadang atau tidur telat setiap harinya, hormon leptin dan ghrelin kamu mungkin akan meningkat. Hormon leptin ini yang mengirim sinyal jika kamu sudah kenyang, dan ghrelin berfungsi untuk mengirim sinyal nafsu makan pada otak. Ketika kamu kurang tidur, level hormon leptin akan menurun, sedangkan ghrelin meningkat. Hal tersebut menyebabkan kamu lapar meskipun kamu sudah makan 2 jam sebelum tidur. Nah, tandanya jika kamu merasa lapar di jam-jam malam, bukan berarti tubuhmu butuh asupan makanan, namun mungkin saja karena kedua hormon tersebut sedang bekerja mengirim sinyal ke otak.

 

 

3. Makan Terlalu Cepat

 

Selain bisa menyebabkan naiknya asam lambung, makan terlalu cepat bisa bikin berat badan naik. Hal ini dikarenakan tubuh kamu butuh kurang lebih 20 menit untuk mengirim sinyal dari hormon leptin ke otak untuk menandakan rasa kenyang. Meskipun kamu sudah makan dengan cukup atau lebih tapi tidak mencernanya secara perlahan, otak merasa tubuhmu masih kurang dan menyebabkan kelebihan kalori pada tubuh.

 

4. Melupakan Apa Saja yang Sudah Dimakan Hari Ini

 

Salah satu tips diet yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan untuk mencatat makanan apa saja yang sudah kamu konsumsi hari ini. Mungkin tidak harus kamu mencatat jumlah kalori per makanan itu. Namun dengan mencatat menu makanan, kamu bisa mengevaluasi jenis makanan yang masuk ke tubuhmu. Apakah mereka cukup sehat atau justru tidak ada perubahan? 

 

5-kebiasaan-yang-bikin-berat-badan-naik_meal-prep.jpg

Mencatatnya dalam sebuah jurnal akan membantumu membiasakan hal ini. Kedepannya, mungkin kamu akan terbiasa untuk melakukan meal prep.

 

5. Stress

 

Kondisi mental kamu bisa juga mempengaruhi pola makan. Beberapa orang ada yang menghadapi stresnya dengan melakukan stress eating, namun ada juga yang justru melewatkan jam makan dan tidak nafsu makan. Keduanya sama-sama bisa mengacaukan pola makan kamu. 

 

Hormon kortisol yang dihasilkan dari stres bisa meningkatkan nafsu makan. Selain itu, saat stres kamu akan cenderung ingin memakan comfort food yang tidak memerlukan banyak usaha untuk memasaknya, seperti junk food yang tinggi kalori.

 

Baca Juga: Ini yang Akan Terjadi Jika Skin Barrier Rusak

 

6. Kurang berolahraga

 

Berat badan kamu tidak bisa cepat turun jika hanya melakukan diet makanan saja. Olahraga rutin dan angkat beban akan membantu kamu mendapatkan berat badan ideal sesuai keinginanmu. Nyatanya, angkat beban bisa meningkatkan metabolisme pada saat olahraga dan setelahnya, bahkan proses pembakaran lemaknya bisa bertahan berjam-jam hingga beberapa hari kedepan.

 

7. Sering Konsumsi Junk Food 

 

Junk Food atau makan di restoran mungkin bisa menyingkat waktu jika kamu sedang sibuk. Tetapi, kamu tidak tahu berapa banyak kalori yang ada pada makanan tersebut. Terlebih lagi, di Indonesia masih jarang ada resto makanan yang menyediakan informasi kalori pada setiap menu mereka. Jadi, lebih baik masak sendiri dan konsumsi makanan yang sehat kan? Banyak mengonsumsi junk food juga bisa memicu munculnya jerawat dan kulit berminyak loh!

 

Nah, jadi itu dia beberapa kebiasaan yang mungkin masih kamu lakukan dan bisa menyebabkan berat badan kamu tidak kunjung turun. Kurangi kebiasaan-kebiasaan di atas dan segera terapkan healthy lifestyle, yuk! 

 

Jika kamu ingin berkonsultasi seputar program diet atau masalah berat badanmu, diskusikan dengan dokter di sini!

 

Tags :
Other Articles