4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Perawatan Laser
05 July 2022 - by Nadira Maurizka
COPY LINK

4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Perawatan Laser

 

Selain basic skincare seperti sabun wajah, pelembab hingga tabir surya, ada banyak cara loh untuk merawat kulit, misalnya dengan perawatan di klinik. Perawatan di klinik semakin dilengkapi dengan peralatan medis dengan teknologi terbaru dan dokter spesialis yang mampu menentukan perawatan seperti apa yang kulit kamu butuhkan. 

 

Salah satu perawatan di klinik yang bisa kamu lakukan adalah perawatan laser. Nah, untuk menunjang hasil perawatan menjadi lebih maksimal, ada 4 hal yang harus dilakukan setelah perawatan laser nih, Sobathey! Simak dibawah ini yuk.

 

Baca Juga: Terbaru! Kombinasi Perawatan Ini Bisa Atasi Masalah Penuaan di Wajah

 

 

 

Setelah melakukan treatment laser, biasanya dokter akan merekomendasikan kamu untuk tidak terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari agar tidak memperburuk reaksi peradangan paska perawatan laser. Meningkatnya sensitivitas kulit kamu setelah laser bisa menyebabkan kulit kamu bisa terkena sunburn jika banyak terpapar sinar matahari. Oleh karena itu memakai sunscreen merupakan hal penting yang tidak boleh kamu lupakan.

 

Selain membantu melindungi kulit dari sinar uv, sunscreen juga memiliki manfaat seperti mencegah penuaan dini, menjaga kelembaban, hingga mencegah kanker kulit. Jadi, pastikan sunscreen selalu ada dalam rangkaian skincare kamu ya!

 

 

  • Menggunakan Pelembab

 

4-hal-yang-harus-dilakukan-setelah-laser_pelembab

 

Penggunaan pelembab bisa memperkuat skin barrier dan mengunci kelembaban alami dalam kulit kamu. Hal ini sangat diperlukan apabila kamu melakukan terapi laser karena pelembab yang baik dapat memperkecil resiko iritasi kulit. Pelembab bisa digunakan pada kapan saja. Namun lebih baik jika kamu menggunakannya setelah mencuci wajah dengan bersih. Beberapa kandungan pelembab yang bisa kamu gunakan adalah hyaluronic acidceramidecentella asiatica, atau peptide.

 

 

  • Menghentikan sementara penggunaan krim wajah 

 

Krim wajah yang biasa kamu gunakan dikhawatirkan bisa memicu iritasi. Setelah perawatan laser, terdapat beberapa efek samping yang mungkin terjadi seperti infeksi kulit, luka bakar, hingga rasa gatal. Pada tahap ini, kult kamu akan menjadi sangat sensitif. Oleh karena itu, penggunaan krim wajah yang biasanya dikombinasikan dari beberapa kandungan bahan skincare tambahan, tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam beberapa waktu. Kamu bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter yang menangani treatment laser kamu, apakah skincare kamu masih dalam kategori aman. 

 

Baca Juga: Ini Yang Akan Terjadi Jika Skin Barrier Rusak

 

 

  • Mencuci wajah dengan lembut

 

4-hal-yang-harus-dilakukan-setelah-laser_mencuci-wajah.jpg

 

Setelah luka pasca laser sudah cukup mengering, kamu diperbolehkan untuk mencuci wajah agar memastikan kulit kamu tetap bersih, bebas dari debu dan tidak menimbulkan infeksi tambahan. Pilihlah jenis sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung scrub atau bahan eksfoliasi seperti salicylic acid  atau AHA (Alpha Hydroxy Acid). Sabun cuci muka dengan kandungan yang lembut tidak akan merusak lapisan kulit kamu pasca treatment laser. Biasanya sabun yang lembut tidak membuat terlalu banyak busa atau foam ketika digunakan.

 

Jika kamu pengguna makeup, kamu mungkin bisa meninggalkannya untuk beberapa hari hingga kondisi kulit kamu kembali seperti biasa lagi. Kandungan pada makeup dikhawatirkan bisa memperburuk kulit kamu dan memperlambat proses penyembuhan setelah laser. 

 

Jadi itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah perawatan laser di klinik. Apabila kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai treatment laser, segera konsultasikan dengan dokter di sini ya!

 

Tags :
Other Articles