Tahi Lalat
Tahi Lalat
Description
Treatment
Skincare
Video
ASK DOCTOR
Tahi Lalat
written by Febiola Tambunan
Medical review by dr. Deasy Thio, Sp.KK
Last updated 08-May-2023

Mengenal Tahi Lalat & Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Cepat

Kalian pasti tahu tahi lalat itu seperti apa. Namun tahukah darimana asalnya tahi lalat? Sebelum kita bahas cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat, simak apa sih tahi lalat itu sebenarnya. Tahi lalat adalah bintik atau benjolan kecil berwarna coklat kehitaman, dan biasanya tumbuh di atas permukaan kulit. Tahi lalat muncul akibat tumbuhnya sel-sel melanosit yang berkelompok pada lapisan-lapisan kulit epidermis, dermis dan/atau subkutis. Sel melanosit adalah sel penghasil zat warna kulit. Selain warnanya yang gelap atau kecoklatan, tahi lalat juga terkadang mempunyai warna yang sama persis dengan kulit. 

 

Bentuk tahi lalat bermacam macam, ada yang oval, bulat, menonjol, atau hanya datar dan nampak berbintik saja. Tekstur tahi lalat juga berbagai macam, ada yang halus, kasar, bahkan diantaranya ada yang tumbuh bulu.

 

Tahi lalat biasanya lebih sering muncul di kulit orang-orang yang berwarna terang ketimbang mereka yang mempunyai warna kulit gelap. Umumnya tahi lalat akan muncul ketika 30 tahun pertama kehidupan. Namun, ada juga tahi lalat yang sudah muncul sejak dari lahir. Tahi lalat bisa menetap, bertambah besar atau hilang sendiri. 

 

Yang perlu digarisbawahi, kemunculan, bentuk dan warna dari tahi lalat bisa saja berubah, tergantung dengan perubahan hormon yang terjadi. Misalnya, tahi lalat bisa bertambah pada usia remaja. Pada kondisi lain, tahi lalat juga berubah menjadi lebih gelap untuk wanita hamil. 

 

Baca juga: Bedah Listrik Menghilangkan Tahi Lalat

Treatment